Rabu, 02 Mei 2012

Evolusi Belajar


Ada satu cerita yang hendak gue bagi sama kalian kali ini. Sebuah pengalaman yang menurut gue cukup menarik dimasa kuliah ini. Sebuah evolusi belajar.

Ternyata bukan Cuma manusia aja nih yang mengalami evolusi, sistem pembelajaran selama ini pun juga ikut berubah. Contohnya saja kurikulum disekolah, sudah beberapa kali juga nih mengalami evolusi. Bukan, gue disini bukan pengen bahas perubahan kurikulum di Indonesia selama ini. Tapi melainkan cara mahasiswa mengakali pembelajaran, dalam hal ini gue mau focus tentang tugas nih.

Sudah hampir 2 semester ini gue menjalani hidup sebagai mahasiswa. Selama ini gue ngerasa ada beberapa kejanggalan yang menarik dan terkadang bikin gue ketawa. Sebelumnya gue ga tau nih, apakah cerita gue ini sudah pernah kalian alami sejak lama apa gimana, yang jelas gue baru nyadar ini beberapa bulan ini. Kita mulai aja masuk ke intinya.

Jadi dulu…… saat masih menjadi seorang remaja yang unyu-unyu, ketika ada tugas dari guru disekolah biasanya “erlangga” dan “yudisthira” biasanya jadi tempat bertanya. Nah, sebagai mahasiswa yang irit dan gak mau rugi, gue dan teman-teman biasanya mengandalkan “Mbah Google” sebagai acuan dan tempat mencari ilmu secara gratis. Yup, berbeda mungkin dengan buku-buku literature yang biasanya harus gue miliki, sekurangnya minjem sama temen. Kalau minjem sih gue ngerasa kurang efektif, karena temen yang jadi sasaran peminjaman biasanya gak mau lama-lama minjemin. Nah, gimana coba kalo tugasnya banyak dan gak bisa selesai sehari. Bisa kelabakan tuh gue..

Semenjak kenal Mbah Google, tugas-tugas kuliah yang seharusnya gue dapetin dari buku-buku literature yang tebel, kini bisa menjadi lebih mudah. Modal computer dan modem aja, gue bisa dapetin semua tugas yang gue cari. Beruntung banget gitu rasanya ada orang yang mau capek-capek ngeupload dan nulis semua data yang gue cari buat nugas. Apa lagi kalo tugasnya di ketik di word, tinggal copas dan masalah beres. Coba aja kalo lo ambil materinya dari buku, pasti lu harus capek-capek lagi dong ngetik. Mbah google adalah salah satu penemuan yang hebat. Penemunya wajib diberikan penghargaan nobel menurut gue.

Selain mbah Google yang sudah mulai menggeser buku sebagai media utama belajar. Ada juga nih penemuan mutakhir masa kini yang mulai menggeser posisi mesin poto kopi. Kamera handphone. Dulu, zaman gue masih sekolah, gada tuh handphone yang punya kamera sampe 8mp kayak sekarang. Dulu masih jamannya kamera VGA, itu tuh handphone yang paling bagus yang dimiliki anak sekolahan. Ditambah lagi sekarang semakin banyak kamera handphone yang punya autofocus, dulu.. mana adaaaaaaaaa….

Kalo ada tugas yang bisa dicontekin rame-rame, tapi ga punya banyak waktu disekolah biasanya mesin foto kopi sangat membantu. Kini.. jarang banget tuh temen gue yang mau pergi ke poto kopian. Jika contekannya gak terlalu banyak, kamera hp biasanya sangat berguna. Biar deh nyakit-nyakitin mata buat melototin hasil jepretan yang  berukuran mini itu, dari pada nyakitin kantong dengan 150 perak.. haha

Pokonya dulu, jamannya gue sekolah masih serba alami. Mau ngetik aja mesti ke rental computer dulu. Apa lagi di daerah gue tuh, computer masih barang mahal yang Cuma di miliki oleh orang-orang tertentu saja. sekarang, beuh… kayaknya bukan anak kuliah namanya kalo gak punya laptop atau netbook. Gaya lah kalo sekarang…

Perkembangan teknologi emang edan lah.. semoga aja gak ada toko buku dan tempat poto kopian yang tutup gara-gara ini yah.. :D

Gimana nih cerita kalian sebagai mahasiswa? Apa gue telat menyadari ini yaa? Maap zaman gue sekolah belum kenal google sebaik ini. Gaptek dikit laaaah...
 -Keep Enjoy !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar