Rabu, 02 Mei 2012

Tips-tips menghadapi SNMPTN 2012

Berhubung sebentar lagi mau ada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012, gue sebagai seorang veteran di medan tempur SNMPTN mau berbagi cerita dan pengalaman nih. Mungkin bisa dijadikan pengalaman bagi adik-adik atau teman-teman yang mau ikut SNMPTN 2012.

Sebagai lulusan 2010, gue udah 2 kali nyoba ikut SNMPTN nih.. setidaknya udah banyak pengalaman bagaimana sih SNMPTN itu.

Sedikit Tips menghadapi soal ujian SNMPTN

Seperti yang kalian ketahui, SNMPTN itu terdiri dari TPA, ilmu dasar (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris) dan mata pelajaran jurusan IPA/IPS. Sebagai seorang siswa SMA tentu kalian sudah mengenal semua pelajaran itu, mungkin yang baru adalah TPA (Tes Potensi Akademik).
TPA itu cukup menggunakan logika, tips untuk mengerjakan soal ini banyak latihan, kerjakan penuh konsentrasi dan gunakan imajinasi kalian. Ada beberapa soal yang sebetulnya gampang, tap karena soalnya panjang dan bikin pusing kebanyak kita akan dibuat kehilangan konsentrasi dan hasilnya ngeblank. Oke, jangan terfokus sama soal yang panjang dulu dalam mengerjakan soal TPA. Kerjakan yang paling gampang dan gak memakan banyak waktu dulu deh..  

TPA itu ada 75 soal, tiap tahun biasanya perubahan dalam variasi soal. Tahun 2009, awal mulanya penggunaan TPA hanya ada 70 soal, kemudian tahun 2010 mendadak soal bertambah menjadi 75 soal. Ditahun 2011, soal pola gambar dihilangkan, sedang jumlah soal masih sama. Gak tau perubahan apa lagi yang akan terjadi di tahun 2012. Yang penting siap-siap dulu, jangan terfokus sama soal tahun sebelumnya. Oke!

Untuk soal selanjutnya, kalian cukup banyak latihan menjawab soal aja. Bahas soal-soal tahun lalu, biasanya ada beberapa soal yang sering keluar, bahkan ada soal yang selalu keluar setiap tahun dengan variasi angka atau kalimatnya saja yang berbeda. Biasanya di tempat bimbingan belajar ada tuh buku bank soal gitu.

Nah.. Untuk Pemilihan Jurusan, gue juga punya tips nih!

Sebelum mengisi formulir pendaftaran online, kalian harus yakin dulu dengan pilihan jurusan yang kalian pilih. Biasanya untuk jurusan IPA/IPS kalian boleh milih maksimal 2 jurusan, dan untuk IPC boleh milih maksimal 3 jurusan.

Milih jurusan itu kayak milih jodoh, kalau kalian gak sreg lahir dan bathin niscaya kalian bakal tersiksa menjalaninya. Untuk itu pahami dulu seluk beluk jurusan yang hendak kalian pilih. Bisa baca-baca di internet atau nanya-nanya sama orang yang lebih ngerti. Jangan sampai salah pilih. Memahami jurusan gak cukup dengan berorientasi pada dunia kerja saja. Memang berpatokan pada ini penting, tapi bukan dunia kerjalah satu-satunya dasar untuk memilih jurusan.

Kalian harus tau, kuliah itu berat. Beda sama sekolah. Mungkin kalo disekolah gak bikin tugas Cuma dihukum, kalo kuliah gak bikin tugas siap-siap berhadapan dengan nilai. Apa lagi kalo dosennya rese’, gak bikin tugas nilai langsung C atau D, gak masuk sekali nilai langsung E dan otomatis ngulang tahun depan. Ada loh dosen yang kayak gini….

Biar gak kejadian sampai kayak gini, kalian harus enjoy dulu dengan jurusan yang kalian pilih. Makanya gue bilang tadi, pahami dulu seluk beluknya. Bukan Cuma paham ntar lulus jadi apa. Tapi kalian juga mesti paham, kalo kalian masuk jurusan “A” ntar belajarnya kayak gimana, apa-apa aja pelajaran yang akan kalian pelajari selama 8 semester nanti. Kalo ngerasa gak sanggup dengan kesibukan yang kalian alami dengan masuk jurusan “A” maka jangan di ambil. Tanya hati, apa benar jurusan itu yang kalian sukai, apa benar jurusan itu sesuai dengan kemampuan lo. Kalo ragu-ragu gak usah maksain, dari pada ntar berhenti ditengah jalan. Buang-buang waktu kan? Waktu lo berhaga, inget tuh!!

Baca dulu dengan cermat dan teliti mengenai jurusan yang mau kalian pilih. Biasanya setiap universitas nyediain artikel di website mereka tentang jurusan bersangkutan berikut mata kuliah yang hendak dipelajari sampai semester 8. Bayangin dulu deh kesibukan yang akan kalian jalani kalo masuk jurusan itu ntar, apa lo bisa bagi waktu? Apa lo mampu jalaninya? Kalo hati lo yakin jawab “bisa”, ambil. Kalo engga/ragu-ragu jangan!!

Ada nih beberapa temen gue yang milih jurusan berdasarkan apa yang akan di dapat di dunia kerja saja, milih jurusan yang sama sekali dia gak ngerti. Dari jurusan IPS masuk IPA. Udah terbiasa belajar nyantai di IPS, dia langsung frustasi di semester awal kuliah terus keluar gitu aja. Untung nyadarnya masih semester 1, kalo udah semeseter 3 keatas baru nyadar pilihan yang dipilih salah kan sayang tuh waktu lo selama ini. Ya gaa?

Ada juga temen gue yang milih jurusan asal-asalan, asal keterima di Universitas X (PTN ternama di Indonesia ini) rela milih jurusan paling low profile di kampus itu, yang emang peminatnya gak banyak. Demi nama gengsi. Akhirnya suka ngeluh, kuliahnya di kandang sapi terus, bau, jorok, dll. Ngeluh kuliah di hutan, kayak orang hutan, dan masih banyak keluhan-keluhan lainnya yang sebenarnya gak harus keluar dari mulut mereka kalo mereka sadar resiko masuk jurusan itu.

So… gue ingetin sekali lagi nih, pilihan emang ada ditangan kalian, tapi jangan mainin masa depan Cuma kerena gengsi doang.  Masa depan itu berharga meeennn… percaya deh, penyesalan datangnya belakangan… jangan sampai setelah lo jauh melangkah, malah ngerasain penyesalan.. OK?

Cukup sekian deh.. semoga bermanfaat buat kalian yang mau menghadapi SNMPTN 2012. 



KEEP ENJOY !! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar