Selasa, 13 Maret 2012

Pengalaman Pertama ke Dokter gigi


Dari judulnya pasti udah pada tau dong apa maksud dan tujuan dari postingan gue kali ini. Yup, ini cerita gue mengenai pengalaman pertama gue ketemu dokter gigi. Sebenarnya bukan yang pertama juga sih, dulu waktu umur sekitar 5th gue pernah ketemu dan ditangani dokter gigi. Tapi waktu itu gue gak ngerasain apa-apa. Dan gue gak inget sama sekali hal menakutkan dengan si dokter gigi ini.

Beranjak semakin besar, gue dapat cerita-cerita serem dari berbagai orang disekelilingi gue. Intinya, mereka bilang pergi kedokter gigi malah bikin gigi tambah sakit. Apalagi kalo cabut gigi, bukannya sembuh malah bengkak. Waktu itu umur gue masih 10th. Saat umur segini gue labil banget, percaya aja apa yang orang lain katain. Dan ini merupakan salah satu alasan besar kenapa gue gak pernah mau ke dokter gigi. Takut, bernasib seperti mereka. Apa lagi ada yang bilang kedokter gigi itu ntar giginya di suntik, atau apalah. (Padahal mana bisa gigi disuntik, yang disuntikkan gusinya).

Nah, sekitar umur 12thn gue mulai bandel, males gosok gigi malem. *Andai aja iklan pepsodent itu sudah ada waktu gue umur segitu pasti gue gak akan malas gosok gigi dah. (Mencoba mencari kambing hitam)
Namanya anak umur 12th pasti lagi doyan-doyannya makan es krim, coklat, dan permen. Then, gigi gue pun mulai bolong.

Malesnya gosok gigi ditambah makanan manis-manis bikin bolong di gigi gue makin membesar. Dan ketakutan pada dokter gigi membuat gue harus merelakan salah satu gigi geraham gue buat di cabut. Et et et, jangan salah, gue nyabut itu geraham sendiri, pake benang terus ditarik sekenceng-kencengnya. Yes, giginya berhasil di cabut. berdarah dikit itu hal biasa dong. Sembuh gue ngerasa sembuh.

Dengan polosnya selama bertahun-tahun kebiasaan males gosok gigi malam ini berlangsung sampai gue berumur 17th. (Oke, lo boleh bilang gue jorok). Saat itu gue sadar, bekas cabutan gigi gue dulu itu masih menyisakan akar. Merasa ini bisa membahayakan gigi disebelahnya, gue pun berinisiatif buat pergi ke dokter gigi. Melawan semua ketakutan terhadap dokter gigi itu.

Saat ini umur gue udah 19th, dan gak seharusnya lagi gue takut sama tu dokter, secara kita sama-sama manusia. Dia gak mungkin bikin gue mati saat cabut gigi. Dia pasti bisa kok nyabut gigi gue tanpa merasakan sakit. (ini yang selalu gue ucapin selama nunggu nama gue di panggil).

Nama dokter itu, drg.Emi Astuti. Saat di periksa tuh dokter nolak buat nyabut gigi gue. Bukan apa-apa, kata dia akar gigi yang bersarang digusi gue masih kuat mencengkram. Dia gak bisa nyabut gigi dlam keadaan ini. Dia pun nyaranin gue buat pergi keruang dokter sebelah. Gue gak tau itu dokter apa, kata dokter Emi, dia ahlinya. Dalam hati gue pikir, mungkin dia ahli gigi. Siapa nama dokter yang nyabutin gigi gue itupun gue gak tau. haha

Selama di dalam ruang, dokter itu selalu bersikap ramah, ditambah suster-suster yang mendampingi dokter ini juga gak kalah ramahnya. Pertama-tama dia meriksa keadaan gigi yang mau di cabut. Lalu di nusukin sesuatu yang gue gak tau apa ke langit-langit dan gusi gue. Lama-lama mulut gue pun ngerasa enek. Dengan cepat si dokter nyuruh, "Oke, kumur-kumur dulu ya. Pahit ya obatnya!" Emang ini pahit, tapi ini apaan? (masih jadi tanda tangan buat gue sampai sekarang.

Gue disuruh tidur lagi di kursi yang entah apa namanya itu. Gue disuruh mangap segede-gedenya. Sekarang dia nusukin sesuatu lagi, dengan pelan dia bilang,"Tahan ya ini sedikit sakit, jangan di tarik." Dengan lugunya gue ikutin instruksi dari nih dokter. Gak beberapa lama, gak tau si dokter apa si suster yang masukin seperti selang kedalam mulut gue, yang ngeluarin sesuatu seperti gas, -itu yang gue rasain-. Selama proses pencabutan gue cuma merem. Jadi gak liat apa-apa.

Dan seketika sekitar gigi yang mau dicabut dan langit-langit mulut gue pun jadi mati rasa. Dalam hati gue mikir, mungkin ini adalah bius. Dalam keadaan mata tertutup, sayup-sayup gue denger dan rasain si dokter  masukin berbagai macam alat kedalam mulut gue. Meraba-raba apa yang di lakuin si dokter lewat perasaan gue tau sekarang dia lagi nyabut gigi itu. Sedikit berbisik gue denger dia ngomong, "waduh, giginya ikutan muter." Gue gak ngerti maksudnya apaan.

Gak beberapa lama setelah itu, gue ngerasain ada yang jatuh di mulut gue. Gue tau, itu adalah gigi gue yang dicabut. Takut ketelen tuh gigi, gue pun julurin lidah keluar. hahaha Kata dokternya, "Tenang mba, kita yang ngeluarin giginya." Seketika gigi itu udah gada lagi dilidah gue.
jangan lupa yaa gosok gigi malam :D

Sekarang ada benda lain yang dimasukin ke dalam mulut gue. Benda itu ngeluarin cairan seperti air, ini bikin gue susah nafas. Gue gak tahan, tubuh gue pun menggelinjang, seperti sebuah isyarat untuk si dokter dia nyuruh gue kumur-kumur lagi. Darah segar mengalir keluar bersama air bekas kumur-kumur dari mulut gue.

Akhirnya gue disuruh tidur lagi di kursi itu, sekarang benda yang mengeluarkan sesuatu seperti gas itu ada lagi didalam mulut gue. Dan gue denger suara gunting, benang yang di gunting. Belakangan gue baru tau kalo ternyata bekas cabutan gigi itu di jahit. *busyetdah, ini dokter apa tukang jahit yak?

Dan semua berakhir, gigi gue berhasil di cabut tanpa merasakan sakit sedikit pun. Tapi di pipi dan bibir gue ngerasa tebel banget, boleh dibilang mati rasa. Sampai gue kepikiran, pipi gue bonyok gitu. Padahal ini efek dari obat bius yang di pake tadi. Selama sejam gue gak boleh makan dan minum. Mau makan pun gak boleh makan yang panas, pedes, gak boleh minum dingin dan panas juga. Lebih parag gue gak boleh kumur-kumur sama gosok gigi dulu. Hadeeeeuuuhh.. Bau bau dah mulut gue, hahaha

Ternyata gak seburuk yang gue kira ketemu si dokter gigi. Gak sakit kok selama nyabutnya, yang sakit itu waktu efek obat biusnya udah habis baru kerasa sakit.
Sekarang resmi gigi gue ompong permanen, kayak nenek2 ya. hahaha
Nyesel sih dulu males gosok gigi, tapi apa boleh buat sekarang semua sudah terjadi. palin gue harus lebih rajin lagi nih gosok gigi malem. Gak ada alasan lupa lagi.

Pengalaman memang guru terbaik. :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar